Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menulis Artikel

08.06

 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menulis Artikel

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menulis Artikel
Build Blog
Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menulis Artikel

TEENPROG.ID Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menulis Artikel - Artikel adalah suatu konten yang pling penting bgi blog sobat. Hanya dengan artikel dapat mempengaruhi seluruh isi blog sobat. Banyak blogger yang bilang baik newbie maupun mastah bahwa "Konten adalah Raja" maka hal tersebut bisa diartikan juga, semakin baik dan bagus artikel sobat semakin berkulitas lah blog sobat. Pada artikel kali ini kita akan membahas Apa yang harus sobat lakukan setelah menulis artikel sobat? Ternyata ada 7 Hal penting yang harus sobat lakukan setelah menulis artikel. Penasaran? Lanjut baca artikelnya


Dalam penulisan artikel terdapat banyak aspek yang harus sobat perhatikan. Mulai dari inti permasalahan artikel, solusi yang sobat berikan sampai tata dan gaya bahasa yang harus sobat bisa variasikan. Namun, setelah menulis artikel tersebut layaknya membuat sesuatu sobat harus bisa memaksimalkan nya sampai benar-benar sempurna begitupun dengan artikel. Terkait artikel pasti ada unsur SEO Onpage nya. Nah dari ke tujuh langkah yang harus sobat lakukan setelah menulis artikel ada beberapa optimasi SEO baik Onpage dan Offpage, dengan ini sobat juga harus bisa memerhatikan keyword density dalam artikel sobat tersebut agar artikelnya terlihat natural tetapi SEO nya sudah dapat dimaksimalkan.

Oh iya, perlu diingat bahwa pada tutorial 7 Hal yang Dilakukan Setelah Menulis Artikel ini saya anggap sobat masih belum mempublikasikan artikel sobat, jadi masih pada mode menulis artikel tapi jika sudah terpaksa dipublikasikan sobat bisa kembali mengeditnya

Baiklah berikut 7 Langkah dan Hal yang harus sobat lakukan setelah menulis artikel.

1. Cek Kembali Artikel
Setelah menulis artikel alangkah baiknya sobat kembali cek & recek artikel tersebut, seperti gaya penulisan, atau ada kesalahan pada poin-poin penting yang sobat tulis pada artikel. Yang paling banyak saya alami adalah kesalahan ejaan dan tanda baca. Sobat cek kembali semua ejaan kata dalam artikel sobat, caranya cukup mudah sobat bisa menggunakan tools gratis yang biasa saya gunakan, yakni Indonesian Spell Checker.

1. Pertama, sobat pergi ke Indonesia Spell Checker
2. Silahkan copy semua kalimat yang ada di artikel sobat lalu sobat paste kan pada kolom yang tersedia dan klik Go.
3. Sobat akan melihat hasil dari Indonesian Spell Checker ini pada kotak kedua yang tepat berada di bawah kotak tempat sobat memasukkan artikal sobat tadi.
4. Namun karena ini tools gratis terdapat batasan karakter, saya tidak tahu tepatnya yang jelas dari total keseluruhan panjang artikel sobat jika lebih dari 700 kata biasanya akan terpotong, sobat tinggal mengulangi lagi dari kalimat yang terpotong tadi.

Nah itulah yang selama ini saya lakukan untuk mengecek ejaan pada artikel yang saya tulis, atau sobat juga bisa mencari tools gratis lain nya di Google dengan mengetik "Free Online Indonesian Spell Checker" Untuk tanda baca mungkin sampai saat ini saya belum menemukan nya jadi terpaksa harus mengecek secara manual.

2. Mengatur Permalink
Sobat tahu apa itu istilah Permalink? Permalink atau yang biasa disebut Tautan Permanen adalah wujud URL link artikel sobat setelah dipublikasikan. Di Blogger kita bisa dengan mudah mengatur permalink yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Lalu apa fungsi dari mengatur permalink ini? Tidak banyak blogger tahu bahwa jika judul artikel yang ditulis terlalu panjang maka URL pada permalink akan otomatis terpotong dan ini malah akan membuat SEO artikel tersebut tidak dapat dimaksimalkan dengan sempurna. Baiklah saya berikan contoh, misal saja pada artikel tutorial ini Permalink berdasarkan judul 7 Hal Yang Dilakukan Setelah Menulis Artikel adalah
http://www.teenprog.id/2016/06/hal-yang-perlu-dilakukan-setelah.html
Tentu saja sangat tidak enak dibaca dan tidak SEO karena semua kalimat judul terpotong dan tidak lengkap. Maka akan saya ubah agar lebih SEO dan Human Friendly hasilnya jadi lengkap seperti ini.
http://www.teenprog.id/2016/06/hal-yang-perlu-dilakukan-setelah.html
Nah dengan begini kita bisa memaksimalkan SEO artikel tersebut pada saat link building. Lalu bagaimana cara mengatur permalink?

1. Pada saat masih mode menulis, sobat lihat bagian Setelan Entri yang berada di sebelah kanan
2. Klik menu Tautan Permanen dan pilih ke Tautan Permanen Khusus
3. Silahkan sobat atur dengan cara menuliskan kalimat judul secara lengkap atau bisa diganti dengan keyword target artikel sobat tersebut
4. Perlu diperhatikan bahwa pemisah setiap kata pada permalink bukan lah spasi, melainkan tanda strip (-), titik (.) dan sobat tidak bisa memasukkan simbol seperti tanda tanya (?) atau pun tanda seru (!) pada permalink.
5. Setelah selesai mengatur permalink, cukup tekan tombol Selesai

JIka sobat sudah terlanjur mempublikasikan artikel tersebut tetapi sobat ingin mengganti permalink nya, silahkan masuk ke menu edit dan tekan tombol Kembalikan Ke Draft dan sekarang sobat sudah bisa mengubah permalink nya dan kembali publikasikan setelah selesai. Tetapi pelru diingat dengan mengubah kembali permalink setelah mengeposkan artikel sobat harus kembali mengindex nya dengan permalink URL yang baru tersebut.

3. Submit Ke Google Search Console
Setelah sobat mempublikasikan artikel sobat dengan ejaan dan permalink yang sudah benar maka saatnya sobat memainkan SEO Onpage pada artikel tersebut. SEO Onpage yang pertama adalah mensubmit artikel sobat tersebut ke Search Engine terbesar saat ini, yaitu Google. Caranya cukup mudah.

1. Sobat pergi ke link Google Search Console atau bisa ketik sendiri di Google, Submit URL Google
2. Lalu, masukkan URL permalink artikel sobat pada kolom yang tersedia.
3. Selesaikan capctha sesuai denan pertanyaan nya
4. Klik tombol Submit

Setelah melakukan 4 Langkah Mudah Submit Ke Google tadi akan memberitahu Google untuk segera mengindex artikel sobat tersebut dan agar artikel sobat bisa dicari di Google.

4. Submit Ke Bing Webmaster
SEO Onpage yang kedua setelah artikel sobat dipublikasikan adalah dengan kembali submit URL permalink nya ke Search Engine terbesar kedua setelah Google, yakni Bing. Mungkin dulu ada Search Engine Yahoo, namun sekarang Yahoo sudah menyatu dengan Bing yang artinya dengan hanya men submit atau mengirim artikel sobat ke Bing samadengan submit artikel sobat ke Yahoo. Berikut cara-cara sederhana nya.

1. Pergi ke halaman Bing - Submit Your Site To Bing 
2. Seperti submit ke Google, masukkan URL Permalink sobat dan selesaikan captcha nya
3. Berbeda dengan Google, captcha Bing hanya menggunakan alfabet dan angka saja
4. Jika sudah selesai semua, silahkan klik tombol Submit

Seperti dengan Google, setelah mensubmit ke Bing Webmaster maka juga dengan otomatis artikel sobat akan segera di index oleh Crawler Bing
5. Fetch As Google
Terdengar asing? Saya rasa jika sobat sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging, webmastering atau sobat sudah SEO Expert pasti tahu fitur Google Webmaster yang satu ini. Berbeda dengan hanya submit ke Google Search Console. Dengan menggunakan fitur Fetch As Google ini akan memaksa Google untuk mengindex artikel kita dengan cepat sehingga bisa sangat menjamin artikel kita langsung terindex. Caranya juga cukup mudah.

1. Pergi ke dashboard Google Webmaster dan pilih blog sobat yang artikelnya akan di Fetch As Google
2. Lihat ke bilah sisi kiri akan ada beberapa menu, pilih menu Crawl atau Perayapan lalu pilih submenu Fetch As Google atau Fetch Sebagai Google.
3. Sobat akan melihat satu kolom dan 2 tombol merah, masukkan URL permalink artikel sobat tadi ke kolom tersebut
4. Klik tombol merah kedua yakni, Fetch And Render
5. Lalu URL yang sobat masukkan tadi akan muncul dibawah dan terdapat beberapa kolom, salah satunya kolom status.
6. Masih belum selesai sampai disini, status URL tadi masih pending yang artinya sobat diharukan untuk menunggu dan ada lingkara berputar tanda loading di sebelah kolom status
7. Setelah lingkaran tadi berhenti beprutar akan berubah menjadi tombol yang bertuliskan Submit To Index atau semacamnya
8. Klik tombol tersebut dan akan ada 2 pilihan, pilih yang bertuliskan Crawl Only This URL atau Rayap URL Bagian Ini Saja.
9. Selesaikan captcha nya terlebih dahulu
10. Setelah itu baru klik tombol Submit dan status yang tadiny pending akan berubah menjadi Submitted dengan tanda ceklist hijau disamping nya.

Setelah sampai langkah 10 tadi itu artinya URL artikel sobat sudah berhasil dimasukkan dan disubmit ke Google maka Google akan segera mengindex dan mengarsipkan nya cepat atau lambat.

Nanti akan saya buatkan artikel lebih lanjut mengenai fitur Fetch As Google ini yang secara rahasia bisa membuat artikel sobat naik SEO nya bahkan bisa sampai pageone.

6. Share Artikel Ke Media Sosial
Maka sekarang kita akan melangkah ke SEO Offpage yakni berbagi atau sharing. Seperti yang blogger lakukan maka setelah melakukan seluruh SEO Onpage terkait artikel yang sudah dipublikasikan, hal selanjutnya adalah mendatang traffic instan dari media sosial. Sobat bisa memilih media sosial apa saja yang penting masih berkaitan dengan niche blog sobat. Pilihan pertama sobat bisa membuka Facebook lalu mengeposkan artikel sobat tadi ke Fanspage resmi blog sobat tersebut lalu sobat bisa membagikan post nya di berbagai Grup yang 1 niche dengan blog sobat. Lalu setelah facebook, ada Google+ yang bisa meningkatkan traffic blog sobat juga karena saya rasa pengguna Google+ cukup banyak walaupun saya bukan salah satunya hehe..

Masih banyak lagi media sosial lain nya. Dengan memanfaatkan klik yang banyak dari berbagai pengguna media sosial juga bisa meningkatkan nilai SEO artikel sobat. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai sobat malah nyepam dan memperburuk reputasi blog sobat ya.

7. BlogWalking/Link Building
Hal terakhir dari ke 7 hal yang harus sobat lakukan setelah menulis artikel adalah melakukan rutinitas dan kebiasaan atau adat para Blogger Indonesia, yakni blogwalking dan mengoptimalkan SEO Offpage artikel sobat tersebut dengan cara menanam backlink berkualitas atau bahasa keren nya, Link Building. Pada hari pertama setelah artikel dipublikasikan sobat bisa langsung melakukan BlogWalking di Grup-grup facebook Blogger Indonesia. Saya yakin sobat pasti bisa sendiri menulis post ajakan untuk BlogWalking nya. Namun disini hal yang terpenting adalah sobat harus memberikan komentar yang relevan dan mengandung keyword artikel lawan blogwalking sobat tersebut agar nantinya sobat juga mendapatkan hal yang setimpal. jika ada komentar yang tidak berkualitas maka masukkan saja pada kotak spam.

Lalu untuk masalah Link Building, jangan di hari itu artikel dipublikasikan sobat langsung menanam backlink karena bisa saja malah akan dianggap spam. Bukan nya kita lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Jadi ambil aman saja. Tunggu 1 hingga beberapa hari sampai artikel sobat benar-benar sudah terindex dan siap untuk ditanami backlink. Jika sudah siap silahkan sobat lakukan link building dengan benar bisa di web-web Edu atau Gov asal jangan sampai spam lagi karena malah akan memperburuk backlink yang ada dan menjatuhkan nilai SEO nya.

Nah itulah 7 Hal yang biasa saya lakukan setelah menulis artikel dan bisa sobat contoh. Selama ini mungkin saya tidak melakukan ke 7 hal diatas secara lengkap paling hanya sampai langkah nomor 5 lebih tepatnya, Fetch As Google. Sampai langkah nomor 5 saja saya rasa sudah cukup tetapi jika sobat mempunyai banyak waktu alangkah baiknya agar sobat melakukan 7 hal diatas secara lengkap dan rutin ke semua artikel blog sobat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2