Manfaat Kurma Untuk Buka Puasa

12.22

Manfaat Kurma untuk Buka Puasa

TEENPROG.ID Manfaat Kurma untuk Buka PuasaBuah kurma merupakan makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Makanan yang begitu mudah kita temui pada bulan Ramadhan ini akan memberikan energi ketika berbuka setelah berpuasa seharian.

Rasa manis alaminya akan memberikan kenikmatan saat disantap pertama kali ketika buka puasa. Selain itu, mengonsumsi buah kurma ketika berbuka juga akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Dengan begitu, kita bisa lebih mengontrol nafsu makan saat berbuka agar tidak makan berlebihan.
manfaat buah kurma untuk buka puasa
buah kurma

Manfaat buah kurma untuk buka puasa


Mudah dicerna

Mengawali buka puasa dengan makan buah kurma tidak akan mengagetkan perut yang telah berpuasa seharian dan lebih dari 12 jam. Ini karena kurma lebih mudah dicerna oleh sehingga sangat ramah di perut. Buah kurma yang dimakan akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama berpuasa.

Mengandung gula alami

Buah kurma mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang merupakan gula alami dan baik untuk menstabilkan gula darah setelah sempat drop karena puasa. Tetapi, kurma juga merupakan buah yang rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengembalikan energi tubuh.

Tinggi kandungan serat

Kurma memang buah-buahan kering yang sedikit mengandung air, akan tetapi kandungan seratnya cukup baik bagi tubuh. Kurma akan mencegah sembelit selama bulan puasa akibat tubuh kekurangan cairan.

Isi ulang energi

Kurma merupakan sumber energi karena kandungan glukosa yang terdapat di dalamnya. Dengan mengonsumsi kurma saat berbuka merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya batasi makan kurma karena kandungan glukosa yang tinggi juga kurang baik untuk orang dengan diabetes.

Menyeimbangkan tingkat keasaman darah

Kurma memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka. Biasanya peningkatan keasaman darah ini karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan untuk berbuka puasa.

Manfaat buah kurma untuk berbuka puasa memang begitu banyak. Akan tetapi, jangan langsung makan kurma secara berlebihan. Konsumsi buah kurma secara perlahan, nikmati kenikmatannya agar Anda juga dapat merasakan manfaatnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2